Berkenalan Dengan Anjing Corgi yang Berkaki Pendek

Untuk kalian yang akan merawat anjing, kalian lebih menyukai anjing yang berbadan kecil atau besar? Ya dua-duanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anjing berbadan besar mungkin lebih enak dipeluk atau menjadikannya sebagai anjing penjaga, sedangkan anjing bertubuh mini disukai sebab hemat tempat, hemat makanan dan biasanya berumur panjang. Apabila kalian lebih menyukai anjing berbadan mini, anjing Corgi bisa saja tepat buat kalian. Apa saja hal spesial dan bagaimana karakternya? Jangan kemana-mana karena disini akan menjelaskan tentang anjing corgi.

1. Ditemukan di Wales, Britania Raya
Anjing mini ini berasal dari Pembrokshire, Wales, Britania Raya. Karena hal ini nama lengkap anjing ini didapat. Corgi mempunyai nama panjang Pembroke Welsh Corgi. Lebih menarik lagi, berdasarkan legenda yang dipercayai dari penduduk Wales, anjing Corgi disebutkan berasal dari sarang peri dan elf.

Dilihat dari legenda, dahulu kala ada dua orang anak yang berada di ladang sedang merawat ternak. Dengan tidak sengaja mereka menemukan ada anak – anak anjing. Mereka kira bahwa anjing itu seekor rubah. Saat dibawa pulang ke rumah, orang tua anak – anak itu menyebutkan bahwa itu ialah hadiah yang diberi oleh peri – peri yang ada di lading.


2. Mayoritas berwarna putih dan cokelat
Cara mengetahui anjing Corgi sangat gampang. Anjing ini mempunyai ciri fisik yang gampang dikenali, yaitu mata yang berbentuk oval dan memiliki warna cokelat gelap, berbulu cokelat dan putih, moncong hidung warnanya hitam dan telinga yang tegak, serta kepala mirip bentuk kepala rubah. Terdapat tiga warna yang terakui oleh United Kennel Club, ialah sable & white , red & white, dan tricolor.

Dengan alami, anjing Corgi terlahir memiliki bentuk kaki yang pendek. Sementara itu, umumnya Corgi mempunyai ekor yang pendek atau bahkan tidak punya sama sekali. Rata-rata tinggi dari anjing Corgi ialah 25-30 cm dengan bobot tubuh rata-rata 11-14 kilogram. Bulu yang tebal dan lembut, membuat Corgi nyaman untuk dibelai, dipeluk dan, diusap-usap.

3. Mampu hidup sampai 12-15 tahun
Menurut penelitian, anjing berbadan kecil mempunyai usia yang lebih panjang dari anjing berbadan besar. Hal itu dapat juga berlaku bagi Corgi. Anjing ini mampu hidup sampai 12-15 tahun. Walau begitu, Corgi ialah anjing yang mempunyai tipe achondroplastic atau kerdil selamanya. Jadi, ukuran tinggi tubuhnya bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang dapat diwariskan.

Umumnya Corgi mengidap penyakit hip dysplasia, monorchidism, atrofi retina progresif, myelopathy degeneratif, sampai penyakit Von Willebrand. Corgi mudah terkena obesitas disebabkan oleh nafsu makannya yang besar. Anjing yang besar mempunyai resiko terserang kanker, hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes.

4. Bertipe anjing yang ceria dan aktif
Dapat dikatakan, anjing Corgi termasuk anjing yang aktif sekali dan berenergi tinggi. Mempunyai sifat penyayang, suka melibatkan diri dalam keluarga dan suka mengikuti ke mana saja pemiliknya pergi. Anjing Corgi ialah tipe anjing yang cari perhatian dan suka sekali diperhatikan. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan mempunyai anjing ini jika kalian merupakan orang yang sibuk.

Sementara itu, Anjing Corgi mempunyai hasrat besar dalam menyenangkan pemiliknya. Tidak heran apabila anjing ini memiliki semangat tinggi dalam belajar dan gampang dilatih. Hal lainnya, anjing Corgi sangat ramah kepada anak-anak dan sangat suka bertemu dengan orang baru. Sifatnya ini menjadikan Anjing Corgi disukai dan dipelihara sebagai anjing kesayangan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *