Mengetahui Lebih Dalam Tentang Daur Hidup Kucing

Kucing ialah termasuk binatang yang bisa dipelihara oleh manusia dan telah diketahui eksistensinya sejak ribuan tahun yang lalu. Supaya lebih lengkap mengenai daur hidup kucing sebaiknya anda simak penjelasan di bawah ini.

Kucing adalah salah satu binatang yang sudah sering dijadikan hewan peliharaan oleh manusia pada saat ribuan tahun di masa lalu. Semua gerak gerik yang diperlihatkan oleh kucing sungguh menggemaskan. Hal menarik lainnya yaitu kucing mempunyai warna yang beaneka macam menurut spesies masing – masing kucing. Sudah tidak diragukan, apabila kucing menjadi binatang rumahan yang dijadikan binatang favorit bagi banyak manusia.

Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai karakteristik kucing, bahkan daur hidup kucing yang dilalui oleh binatang yang selalu terlihat manis ini.
Makhluk yang memiliki empat kaki ini tergolong kedalam famili Karnivora, serumpun dengan singa dan harimau. Tetapi, mempunyai badan yang berukuran berbeda kucing ini lebih kecil, yang memiliki gigi – gigi yang dipakai untuk mengoyak dan mengunyah mangsanya.

Bobot dari badan kucing laki – laki dewasa kurang lebih 3 sampai 4 kg, dan untuk kucing perempuan dewasa sekitar 2 sampai 3 kg dan, kucing mempunyai usia hidup kira – kira 13 sampai 17 tahun lamanya.

Binatang ini berburu mangsanya mirip dengan jenis kucing – kucing besar yang lain, yaitu dengan cara mengintai kemudian menyergap sambil berlari yang dapat dilakukan sangat cepat.
Tambahan informasi, tingkah laku binatang ini selalu menandakan wilayah teritorial kekuasaannya, melalui cara mengencingi wilayahnya dan dalam waktu satu hari mereka mampu tidur 13 jam sampai 16 jam per harinya.

Kemudian untuk hal reproduksinya, kucing bisa diklasifikasikan sebagai binatang diestrus atau binatang yang merasakan dua kali siklus birahi dalam jangka waktu satu tahun.
Binatang mamalia ini, pada dasarnya tidak membutuhkan fase metamorfosis untuk kelangsungan hidup mulai dia lahir sampai melahirkan anaknya. Singkatnya daur hidup kucing yaitu anak kucing, kucing remaja, kucing dewasa, kucing tua, lalu mati / anak kucing.

1. Anak Kucing
Pada saat dilahirkan, indera yang ada di anak kucing ini tak dapat berfungsi secara sempurna, seperti matanya buta dan kupingnya yang belum bisa mendengar, tetapi indera penciumannya telah berfungsi dengan bagus. Mata kucing baru bisa terbuka dan dapat melihat diusia 7 sampai 15 hari. Saat hari ke-15 sesudah dilahirkan, anak kucing telah mampu merespon suara. Lalu, dalam hal makanan, ibunya akan selalu menyusui asi sampai usia si anak berusia 7 minggu.

Keterangan singkat dimasa anak – anak :
Usia 0 – 2 minggu, Pergerakan tak dapat berfungsi sebagaimana harusnya, mata tidak bisa melihat dan tuli.
3 – 8 minggu, Makanan yang berasal dari asi ibunya mulai berkurang dan mulai belajar makan makanan padat. Gigi susu telah mulai terlihat, mampu melakukan gerakan.
9 – 16 minggu, Gigi susu sudah mulai tergantikan, telah mampu makan makanan yang padat, kemampuan untuk bersosialisasinya telah sempurna, tetapi masih suka bermain bersama ibunya dan perilaku sebagai predator telah terbentuk.

2. Remaja
Pada tahap remaja, pada umumnya berlangsung di usia 17 minggu sampai 1 tahun. Meskipun masih terdapat beberapa tahapan yang menunjukan kepada fase dari sebelumnya. Kemudian, organ – organ reproduksi telah mulai mampu bekerja sesuai fungsinya dan munculnya birahi terhadap lawan jenis.

3. Dewasa
Fase setelah itu, kucing dewasa dimana umur kucing telah melebihi 1 tahun. Tetapi untuk pertumbuhannya akan mulai terhenti karena metabolism tubuhnya telah berkurang seiring berjalannya waktu.


Itu merupakan beberapa informasi mengenai daur hidup kucing, semoga dapat membantu untuk menambah pengetahuan tentang kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *