Mengenal Sifat yang Dimiliki Anjing Herder

Pintar dan mudah untuk dilatih, itulah yang membuat anjing German Sherperd atau yang akrab disapa anjing herder ini menjadi salah satu jenis anjing yang sangat populer. Anjing ini merupakan salah satu jenis anjing yang aktif dan suka melakukan suatu aktivitas fisik. Oleh sebab itu anjing ini membutuhkan kegiatan olahraga harian yang cukup untuk membuatnya menjadi lebih tenang dan tidak terlalu agresif. Jika ia kurang melakukan aktivitas fisik, maka ia bisa menjadi anjing yang sulit diatur, nakal, dan memiliki tempramen yang buruk. Untuk mencegahnya berperilaku seperti para pemiliknya pun harus melatihnya sejak dini.

Anjing herder memang terkenal sebagai anjing yang waspada dan juga agresif, untuk megurangi kedua hal tersebut mereka harus diberikan pelatihan berupa sosialisasi dan juga kepatuhan sejak disni. Jenis anjing yang satu ini memiliki panjang tubuh maksimum yang bisa mencapai 60-65 cm dengan berat badan sekitar 40 kg. mereka juga dikenal sebagai jenis anjing yang proporsional dengan bentuk kepalanya yang lebar dan lancip membuatnya sempurna membentuk moncongnya yang telihat tajam. Telinga anjing ini agak besar dan juga tegak. Anjing ini memiliki tubuh yang gagah dengan punggung yang rata dan beotot.


Yang menark dari anjing herder ini adalah ia bisa hidup dengan rukun dan sabar menghadapi anak-anak serta hewan peliharaan lain yang dibesarkan bersama dengannya. Akan tetapi naluri menjaga yang mereka miliki membuat jenis anjing ini cenderung memiliki perasaan curiga yang besar terhadap kehadiran orang asing. Oleh sebab itu anjing yang satu ini sering kali dijadikan sebagai jenis anjing untuk menjaga rumah. Karena insting menjaganya yang kuat membuatnya selalu siaga ketika menghadapi hal-hal yang mencurigakan.

Meskipun demikian, jika anjing ini dibesarkan dengan cara yang buruk akan menimbulkan sifat yang sangat tegang dan mudah gelisah. Ditambah lagi jika sosialisasi yang dimiliki olehnya buruk dan tidak menjalani pelatihan yang memadai maka ia akan menjadi sangat agresif. Inilah yang menjadi kekurangan anjing herder yang dianggap sebagai ras anjing yang sangat cerdas dan mudah untuk dilatih. Oleh sebab itu sebagai pemilik anda harus memberikannya berbagai pelatihan untuk membuatnya patuh dan juga menjadi tidak terlalu agresif dan mudah untuk diberikan perintah.

Karena anjing herder dewasa ini akan tumbuh menjadi sosok anjing yang kuat dan juga memiliki naluri menjaga yang sangat kental, oleh sebab itu anda harus berhati-hati ketika membeli jenis anjing yang satu ini. pastikan anda membelinya dari peternak yang terkemuka. Hal tersebut dikarenakan anjing herder yang dikembangbiakkan dengan menggunakan cara yang buruk akan cenderung lebih mudah merasa gelisah jika dibandingkan denga jenis anjing herder yang dikembangbiakkan dengan cara yang abik dan juga benar.

Anjing ini memiliki tingkat kerontokan bulu yang cukup parah setiap dua kali dalam satu tahun. Selebihnya ia akan memiliki bulu yang sedikit rontok secara terus-menerus hingga usianya beranjak dewasa. Oleh sebab itu untuk mengontrol kerontokkan pada bulunya anda bisa menyikat bulunya stidaknya beberapa kali dalam seminggu. Hal ini harus dilakukan jika anda tidak ingin rumah anda dipenuhi oleh bulu anjing yang satu ini. anda bisa mengajaknya berolahraga dengan cara mengajaknya jalan-jalan dan juga berlari di taman untuk membuatnya bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Cara ini akan membuatnya lebih tenang dan tidak terlalu agresif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *