Mudah, Inilah Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang sangat populer selain anjing. Salah satu jenis kucing yang paling banyak dicari dan diminati oleh para pecinta kucing adalah kucing angora. Buat kamu yang merasa tertarik untuk bisa memelihara kucing jenis ini, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara perawatan kucing anggota yang baik dan benar. Hal tersebut dikarenakan perawatan yang harus dimiliki oleh jenis kucing menggemaskan yang satu ini berbeda dengan merawat kucing biasanya.


Perawatan kucing anggota ini dapat dikatangkan gampang-pangkang susah. Hal tersebut dikarenakan selain bulunya yang sangat halus, ia juga memerlukan banyak perhatian dari pemiliknya karena sifatnya yang cenderung lebih manja dari kucing lainnya. Buat kamu yang sudah memelihara atau tertarik untuk memelihara jenis kucing lucu yang satu ini, berikut ini adalah cara merawat kucing angora yang baik dan benar.

1. Menyediakan kandang yang luas
Kucing angora merupakan salah satu jenis kucing yang gemar bermain. Oleh sebab itu kamu harus menyediakan kandang yang ukurannya cukup luas untuk kucing angora. Selain menyediakan kandang dengan ukuran yang luas, pastikan juga jika kamu menyediakan beragam mainan yang bisa dimainkan olehnya, termasuk juga sebuah ruangan yang tepat untuk ia memanjat dan melompat dengan tenang. Hal ini sangat perlu disediakan oleh para pemilik kucing angora menginat kucing yang satu ini masuk ke dalam kategori kucing yang sangat aktif dan senang bermain-main.

2. Mandikan kucing secara rutin
Meskipun pada umumnya kucing bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati tubuhnya, namun kamu sebagai pemilik kucing angora disarankan untuk memandikannya setidaknya dua bulan sekali. Memandikannya terlalu sering juga tidak baik untuk kucing angora mengingat bulu yang dimilikinya cenderung rapuh dan rentan untuk mengalami kerontokan apabila dimandikan teralu sering. Ketika memandikannya jangan lupa untuk memotong kuku, membersihkan giginya dan juga membersihkan telinganya secara rutin agar kucing selalu dalam keadaan bersih.

3. Jangan lupa untuk menyisir bulunya
Untuk membuat bulu kucing angora selalu terawa dan juga sehat, kamu disarankan untuk selalu menyisir atau menyikat bulu kucing setiap hari atau setiap beberapa hari sekali untuk tetap membuat bulunya tetap lembut. Menyisir bulu kucing angora secara rutin juga selain untuk menjaga penampilan, tetapi juga bisa mengurangi resiko kucing menelan hair ball yang tentunya bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaannya. Selain itu menyisir bulu kucing juga menjadi salah satu cara untuk membelai kucing angora yang notabenenya adalah kucing bersifat manja. Ia akan sangat menyukai aktivitas yang satu ini karena ia sangat suka ketika diusap atau dibelai oleh seseorang.

4. Perhatikan jenis makanannya
Kamu juga harus selalu memerhatikan jenis makanan yang diberikan kepadanya. Pasalnya salah satu masalah yang sering kali dihadapi oleh kucing angora adalah obesitas. Sehingga kamu disarankan untuk selalu memberikan makanan dengan protein yang tinggi dimana kandungan proteinnya tidak kurang dari 40%. Selain itu kamu juga bisa melakukan konsultasi kepada dokter hewan mengenai jenis makanan kucing yang cocok untuk kucing angora kesayangan anda.

Itulah cara merawat kucing angora yang baik dan benar. Kamu sebagai pemilik kucing harus benar-benar memberikan perawatan yang maksimal dan tak lupa untuk memberikannya perhatian. Jangan lupa untus selalu meluangkan waktu untuk bermain dan bercengkrama dengan kucing angora milikmu setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *